KONI Papua diminta gelar rapat terkait PON 2020

Jakarta (ANTARA News) – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat memberikan imbauan kepada KONI Provinsi Papua agar segera melakukan rapat anggota mengenai persiapan kegiatan Pekan Olahraga Nasional (PON) yang akan digelar di Papua pada 2020 mendatang. 

“Hari ini, sudah ditandatangani oleh Ketua Umum KONI Pusat, Mayjen TNI (Purn) Tono Suratman, yaitu surat agar Koni Papua segera menggelar rapat anggota terkait persiapan PON 2020,” kata Wakil Ketua Umum I KONI Pusat Mayjen TNI (Purn) Suwarno di kantor KONI Pusat, Senayan, Jakarta, Jumat. 

Menurut dia, dalam rapat anggota KONI Papua tersebut, ada beberapa hal yang harus dibahas, antara lain mengenai kesiapan atlet-atlet Papua sebagai kontingen tuan rumah dan kesiapan terkait pembentukan panitia penyelenggara PON 2020 di Papua. 

“Kami ingin ada laporan perkembangan mengenai pembentukan kepanitiaan tersebut. Jadi harus ada panitia untuk bidang pertandingan, transportasi, akomodasi, konsumsi, kesehatan, acara dan lain-lain, totalnya ada 14 bidang, harus ada semua,” ujar Suwarno. 

Lebih lanjut, dia pun berharap agar rapat anggota KONI Papua tersebut sudah dapat diselenggarakan selambat-lambatnya pada akhir Februari 2019 atau minggu pertama Maret 2019 mendatang. Selain itu, KONI Papua juga harus segera membuat laporan mengenai hasil dari pelaksanaan rapat tersebut. 

“Rapat itu nanti akan dijadikan sebagai dasar saat rapat anggota KONI Pusat yang rencananya akan diadakan pada 12 hingga 14 Maret 2019. Dalam rapat itu, KONI Papua akan menyampaikan perkembangan persiapan Papua sebagai tuan rumah PON 2020,” tutur Suwarno. 

Di sisi lain, dia menambahkan sampai dengan saat ini, sudah ada beberapa arena pertandingan cabang olahraga yang sudah siap untuk digunakan, yakni golf, atletik, bola basket dan futsal. Keempat arena pertandingan tersebut dibangun oleh PT Freeport. 

“Arena untuk empat cabang olahraga itu memang dibangun oleh Freeport. Mereka sudah punya sport center sendiri. Selanjutnya, kami juga ingin agar Freeport membangun arena untuk cabang olahraga panjat tebing. Mereka siap membantu,” tambah Suwarno. 

Sementara itu, dia mengungkapkan PON 2020 rencananya akan diselenggarakan di enam kabupaten kota, antara lain Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Merauke, Kabupaten Biak, Kabupaten Jayawijaya dan Kabupaten Mimika.

Baca juga: Disorda klaim pembangunan Stadion Papua Bangkit capai 97 persen

Baca juga: Papua perbaiki fasilitas infrastruktur jelang PON

Baca juga: Kemdagri setujui 40 persen dana otsus di Papua untuk venue PON

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019